Rutin Fitness? Konsumsi 5 Jenis Makanan Sehat Ini Sebelum dan Sesudah Latihan

Diet saja tidak cukup untuk membuat berat badan Anda turun menjadi ideal. Anda juga harus mendampinginya dengan olahraga rutin setiap hari, sehingga efektif menurunkan berat badan ideal. Untuk membuat olahraga Anda tidak sia-sia, tidak sembarang jenis makanan yang dapat Anda konsumsi. Bagi Anda yang memilih latihan fitness, mengkonsumsi 5 jenis makanan ini sebelum dan sesudah latihan akan membuat latihan lebih efektif menurunkan berat badan.

Konsumsi kacang-kacangan sebelum fitness

Tidak semua kacang-kacangan mengandung lemak berbahaya yang akan menghancurkan latihan Anda. Selain itu konsumsi kacang-kacangan yang tidak berlebihan justru sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang menjalani diet dan melakukan fitness. Kacang-kacangan sendiri merupakan sumber lemak sehat. Manfaatnya adalah untuk memastikan kadar gula dalam darah lebih stabil dalam waktu yang sangat lama.

Dengan manfaat ini, sangat dianjurkan bagi Anda untuk mengkonsumsi kacang-kacangan sebelum latihan fitness. Jenis kacang-kacangan yang dapat Anda konsumsi adalah almond. Jangan terlalu banyak, makan segenggam almond sebelum latihan. Jika bukan almond, gantikan dengan kacang macademia atau kopi espressi organik. Kandungan kafein pada kopi merangsang saraf pusat dalam meningkatkan kinerja kemampuan atletik.

Telur sebelum latihan

Tidak pernah terbayangkan jika telur yang selama ini Anda hindari saat diet, justru sangat dianjurkan untuk Anda yang rutin latihan fitness. Bukan telur dengan kuningnya yang Anda pisahkan, melainkan telur utuh. Artinya Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi telur utuh, putih dan kuningnya sekaligus sebelum latihan fitness.

Selama ini kuning telur terbuang karena dianggap mengandung lemak yang berbahaya untuk Anda dengan program diet ketat. Padahal kuning telur ini justru sangat bermanfaat terutama karena kandungan nutrisinya yang tidak tergantikan. Kuning telur juga mengandung vitamin D untuk meningkatkan kekuatan tulang yang sangat penting dalam menunjang latihan fitness.

Konsumsi protein whey sesudah latihan

Russel Bateman, seorang pelatih fitness model dan selebritis seperti Ellie Goulding  menyatakan jika kebutuhan protein whey ini sangat penting untuk Anda setelah melakukan latihan fitness. Selama ini konsumsi protein setelah latihan selalu diasosiasikan dengan penimbunan lemak karena protein yang dicerna dalam tubuh akan diubah menjadi kalori sumber lemak.

Namun Anda keliru, karena protein whey bukanlah sembarang protein. Protein whey ini mendukung proses sintesis protein sekaligus proses perbaikan jaringan dalam tubuh. Untuk itu konsumsi protein whey ini sangat dibutuhkan dalam rangka mengembalikan kondisi tubuh setelah latihan. Protein whey cair yang mudah diserap akan dengan cepat membantu Anda mendapatkan otot hingga menurunkan berat badan.

Ikan salmon setelah fitness

Salmon adalah pilihan makanan terbaik untuk Anda yang telah cukup berat latihan fitness. Pasalnya salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat efektif untuk melindungi membran sel yang ada dalam tubuh. Selain itu, asam lemak omega 3 ini juga berfungsi untuk melindungi tubuh dari bermacam-macam serangan penyakit ringan hingga berat.

Selain kandungan omega 3 yang kaya, salmon ini merupakan ikan yang berminyak yang juga kaya protein dan rendah lemak. Mengkonsumsinya setelah latihan fitness yang cukup berat, akan membuat perut terisi dan daya tubuh Anda kembali seperti sediakala. Cara konsumsi terbaik dapat dengan dipanggang atau diasap.

Kombinasi salmon, makan sayuran setelah latihan

Sayuran adalah menu wajib bagi Anda yang sedang menjalani diet. Terutama untuk Anda yang telah menghabiskan banyak energi untuk latihan fitness, mengkonsumsi sayuran akan menjadikan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh lebih lengkap. Stamina Anda yang telah habis juga dapat kembali seperti semula dan siap melakukan aktivitas lainnya.

Jenis sayuran yang sangat dianjurkan adalah sayuran hijau seperti bayam, kangkung dan brokoli. Sayuran hijau ini menjadi sumber kalori tinggi yang penuh nutrisi. Bahkan kandungan vitamin, mineral dan enzim sayuran hijau juga sangat tinggi. Mengkombinasikannya dengan salmon, membuat latihan Anda lebih efektif dalam menurunkan berat badan ideal.

About WebDokter ID

Web Dokter ID email: webdokterid@gmail.com

View all posts by WebDokter ID →