Cara Menjaga Kesehatan di Era Pandemi

Menjaga kesehatan di era pandemi ini sangat penting. Apa yang kita makan dan minum dapat memengaruhi kemampuan tubuh kita dalam mencegah, melawan, dan memulihkan diri kita dari infeksi. Walaupun tidak ada makanan atau suplemen yang terbukti dapat mencegah atau menyembuhkan infeksi COVID-19, makan makanan yang sehat sangatlah penting untuk mendukung sistem imun kita. Nutrisi yang baik juga dapat mengurangi kemungkingkan terjadinya masalah kesehatan yang lain, termasuk di dalamnya obesitas, penyakit jantung, diabetes / kencing manis, dan beberapa tipe keganasan.

Untuk bayi, makan makanan yang sehat adalah pemberian ASI eksklusif oleh ibu yang berlangsung selama 6 bulan pertama kehidupan, yang dilanjutkan dengan pengenalan akan makanan yang bernutrisi dan aman sebagai pelengkap ASI (MP-ASI) ketika bayi berusia 6 bulan sampai dengan 2 tahun dan selanjutnya. Untuk anak kecil, nutrisi yang baik sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya sedangkan untuk orang lanjut usia, hal ini dapat membantu mereka untuk hidup lebih sehat dan aktif.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk hidup sehat:

  1. Mengonsumsi berbagai variasi dari makanan

  • Konsumsi nasi dengan jumlah secukupnya, dikombinasikan dengan buah dan sayuran segar, dengan makanan yang mengandung protein seperti daging merah, ikan, telur, dan susu.
  • Konsumsi makanan yang tidak diproses.
  • Sebagai alternatif dari nasi putih, anda dapat mengonsumsi nasi merah yang kayak akan serat dan membuat anda merasa kenyang lebih lama.
  • Untuk makanan ringan, anda dapat mengonsumsi buah – buahan dan kacang – kacangan yang tidak diberikan garam.
  1. Mengurangi konsumsi garam

  • Konsumsi garam dibatasi maksimal satu sendok teh garam setiap harinya.
  • Ketika memasak, gunakan garam dalam jumlah secukupnya dan kurangi penggunaan saus dan bumbu seperti kecap asin.
  1. Mengonsumsi lemak dan minyak dalam jumlah yang secukupnya

  • Hindari makanan yang diproses dan gunakan minyak yang lebih sehat untuk memasak, seperti minyak zaitun, minyak kedelai, atau minyak jagung.
  1. Membatasi konsumsi gula

  • Hindari minuman yang mengandung gula dan soda.
  1. Minum air yang cukup untuk tetap terhidrasi dengan baik

  2. Hindari konsumsi alkohol

 

Beberapa aktivitas fisik dapat dilakukan untuk menunjang kesehatan kita antara lain, berjalan di dalam rumah, berdiri dari bangku atau ranjang setiap 30 menit, atau mengikuti kelas olahraga online. WHO memberikan pedoman olahraga yang dapat dilakukan di rumah, yang dapat diakses melalui tautan berikut: https://www.euro.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/publications-and-technical-guidance/noncommunicable-diseases/stay-physically-active-during-self-quarantine

Selamat mencoba!

 

Daftar Pustaka

  1. https://www.who.int/campaigns/connecting-the-world-to-combat-coronavirus/healthyathome/healthyathome—healthy-diet
  2. https://www.who.int/news-room/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19-food-safety-and-nutrition#:~:text=Vitamin%20D%20can%20be%20made,guidelines%20may%20be%20considered.
  3. https://www.euro.who.int/en/health-topics/health-emergencies/coronavirus-covid-19/publications-and-technical-guidance/noncommunicable-diseases/stay-physically-active-during-self-quarantine

About dr. Gilbert Sterling Octavius

View all posts by dr. Gilbert Sterling Octavius →